12/06/2014

Gurame Bumbu Rujak


Kemarin di kasih gurame goreng ma coworker xD sebenernya udah ready to Hap Hap Hap sih tuh gurame, tinggal bikin sambel, di cocol-cocol mantep. Tapi, kemaren pulang malem, si gurame jd layu dan gw ga ada hasrat buat ngunyah..ekspor dulu dahh ke kulkas.
pagi ini baru keinget sama mamah, suka masak lele bumbu rujak (padahal bukan bumbu rujak buah yg biasa gw makan, tapi krn mamah nyebutnya gitu, yodah gw ikut terus )
 ne resep dari mamah, dah puluhan kali gw bikin, tetep inget mamah (miss youuu, nasib anak perantauan)
bahan :
1 ekor gurame  goreng ukuran sedang (klo goreng sendiri, gw kasih bumbuny bawang putih +garem+daun jeruk)
1 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 ruas lengkuas
air secukupnya ( atau santan)
bumbu halus :
5 cabe keriting merah
3 cabe rawit
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 buah tomat
2 lbrdaun jeruk

1 ruas jahe

cara membuat :::
1. haluskan bumbu (gw lg males ngulek, jd blender aje, maap mah, pasti dibilang kurang sedep klo d blender ;p
2. tumis bumbu + lengkuas+daun jeruk sampe harum, tambahkan air+ daun salam
3. masukkan gurame goreng, tunggu sampe meresap dan air tersisa dikit
4. sajikan.



No comments:

Post a Comment